Senin, 16 Desember 2013
Facebook Rombak Fitur Iklan
Setelah mendengarkan keluhan dari pihak Madison Avenue, Facebook berjanji akan mengatur promosi iklan di Facebook menjadi lebih mudah, seperti yang diutarakan Facebook pada acara jumpa pers di kantor pusatnya, Menlo Park, California, pada Kamis, 6 Juni 2013.
Sebelumnya, Madison Avenue mengeluhkan banyaknya tipe iklan berbeda pada Facebook yang menyulitkan serta membingungkan pengiklan untuk mengetahui tipe mana yang terbaik untuk mereka.
Facebook berencana membuang sekitar setengah dari 27 format iklan sehingga memudahkan pengiklan di Facebook. Para pengiklan jadi dapat membeli tipe iklan berdasarkan tujuannya. "Perombakan iklan di Facebook merupakan bagian dari proses berkelanjutan untuk membuat akses pengiklan lebih mudah," kata direktur pemasaran produk Facebook, Brian Boland.
Salah satu format iklan yang disingkirkan Facebook yakni Sponsored Stories yang akan disatukan dengan tipe iklan lain pada Facebook. Format iklan Offers, yang biasanya mendistribusikan diskon produk atau kupon secara online, hanya akan berlaku untuk pedagang yang bertransaksi di dunia nyata.
Jejaring sosiak milik Mark Zuckerberg itu melakukan penelitian selama berbulan-bulan guna meningkatkan strategi kerja untuk pengiklanan. Facebook mengatakan akan bekerja secara otomatis menunjukkan format iklan yang akan bekerja paling baik bagi tujuan pengiklan namun pengiklan masih tetap memiliki kontrol atas pengaturan iklan.
Pihak eksekutif Facebook juga menambahkan bahwa mereka telah memberikan usaha terbaik mereka untuk mencari tahu cara agar pengiklan dapat menjangkau target konsumen mereka di Facebook dan mengukur efektivitas iklan mereka pada layanan jejaring sosial.
Perubahan format iklan akan terus berjalan sampai enam bulan ke depan dan tampilannya di Facebook akan tampil terus menerus lebih visual bagi penggunanya. Facebook tengah berada di bawah tekanan untuk meningkatkan pendapatan melalui iklan, yang menyumbang 85 persen dari total pendapatan perusahaan.
Saham Facebook turun sekitar 30 persen sejak pengumuman saham umum perdana tahun 2012 dan sekitar 15 persen sepanjang tahun ini. Akan tetapi, Boland menolak untuk membahas implikasi keuangan atas perubahan format iklan bagi pemasar yang ingin membeli jasa iklan dari Facebook.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar